Gaya Berpakaian Sesuai Bentuk Tubuh!

Published April 1, 2012 by evisusantii

Mengenakan pakaian, khususnya bagi wanita,  akan terlihat lebih menarik dan enak dilihat apabila sesuai dengan bentuk tubuh. Secara umum, bentuk tubuh pada wanita dibagi dalam 4 kategori, yakni circle (tebal pada tubuh bagian tengah), triangle (bentuk tubuh bagian bawah cenderung lebih besar), hourglass (memiliki tubuh berlekuk tapi cenderung proportional), dan rectangle (antara tubuh bagian atas dan bawah sama). Kenali tipe bentuk tubuh Anda, dari penjelasan berikut.

  • Circle (Spoon)

Seseorang dengan bentuk tubuh circle, cenderung mengalami kenaikan berat badan pada tubuh bagian tengah (pinggang, pinggul). Anda dapat  memakai pakaian yang longgar pada bagian tengah kebawah (untuk menyamarkan bentuk perut), sedangkan untuk bagian atas Anda bisa bermodifikasi.

Untuk Celana Anda bisa memilih tipe Slim-cut, untuk memberikan kesan panjang dan kurus pada kaki, jadikan kaki sebagai pusat perhatian, pasangkan dengan atasan blouse, tunic, atau empire-waist.

 Untuk Dress Anda bisa mengenakan shift dress style dress ini akan menyamarkan kekurangan Anda, terutama saat dipasangkan dengan high heel.

Style yang harus dihindari : Segala sesuatu yang memusatkan perhatian pada area tubuh bagian tengan Anda, seperti menggunakan tipe celana diatas pinggang atau high-rise pants, belt/sabuk, dan memakai waist-cinchin top atau atasan yang menonjol bagian pinggang.

  • Triangle

Seseorang yang memiliki bentuk tubuh triangle biasanya memiliki pundak dan batang tubuh yang lebih kecil dibandingkan pinggul. Bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh triangle, dapat menggunakan celana dengan model wide-leg warna gelap sehingga memberikan efek ramping tubuh dan panjang pada paha.

Selain itu Anda bisa memakai jaket dengan model Tailored, dengan struktur jaket ini akan membuat pundak terlihat proporsional dan memberi kesan tidak mendominasi pada tubuh bagian bawah.

Untuk atasan, Anda dapat memakai atasan dengan model Boatneck, untuk memberi kesan lebar pada pundak untuk mengimbangi pinggul Anda.

Rok dengan model A-Line juga dapat dijadikan alternatif. Pilih model rok A-Line yang meruncing ke atas, dan lebar di bagian bawah agar bentuk tubuh Anda proporsional dan tidak terlihat terlalu triangular.

Style yang harus dihindari : Sweater oversize, skinny jeans, rok flimsy atau terlalu tipis, dan model baju yang  curve-hugging.

  • Hourglass

Seseorang yang memiliki bentuk tubuh hourglass memiliki dada yang luas, pinggang yang kecil dan pinggul yang penuh tapi tidak lebar. Hourglass cenderung memiliki postur yang paling proportional. “Pilihlah pakaian yang menunjukkan lekuk alami tubuh Anda, bukan sebaliknya,” kata Raes.

Untuk model celana, pemilik bentuk tubuh hourglass bisa memilih celana dengan modelhigh-waisted, karena akan menonjolkan bentuk pinggang Anda yang ramping, sehingga perhatian akan tertuju pada bagian pinggang Anda yang ramping.

Anda dapat mengenakan dress dengan model wrap/wrap dress karena akan membentuk efek diagonal pada tubuh Anda, sehingga lekuk tubuh Anda yang ramping dan proporsianal akan terlihat maksimal.

Dan  untuk atasan Anda bisa memakai atasan model V-Neck pada kerah, dengan model kerah rata yang terbuka seperti huruf V akan menunjukkan lekuk garis leher tanpa terlihat terlalu berlebihan.

Style yang harus dihindari : Baju baggy atau terlalu longgar, oversize cardigan, baby-doll dress, dan tunic.

  • Rectangle

Seseorang yang memiliki bentuk tubuh rectangle memiliki lekuk yang kurang tegas pada pinggang, atau antara bagian atas dan bawah tubuh memiliki proporsi yang sama, sehingga terlihat boyish. Pilih style pakaian yang terlihat ‘pas’ pada bagian tengah atau pinggang, dan bawahan baik rok maupun celana yang melebar untuk membentuk lekuk pada tubuh.

Kenakan celana dengan model boot-cut untuk memberikan efek ramping pada pinggul. Jaket dengan model fitted juga dapat dijadikan pilihan karena akan membentuk pinggang dan pinggung terlihat ramping dan berlekuk.

Pilihlah atasan dengan model yang feminin dengan bagian lengan berkerut akan menambahkan volume pada bagian dada dan pundak, membuat bagian pinggang terlihat lebh kecil.

Anda bisa memilih rok dengan model flared atau berlipat, karena akan memberikan kesan seolah-olah memiliki bentuk tubuh hourglass yang proporsional.

Style yang harus dihindari : Dress yang ketat di seluruh bagian tubuh dan pakaian yang terlalu flowy dan tidak memiliki lekuk yang tegas pada bagian pinggang, seperti atasan empire.

 

sumber : http://www.beautydaylily.com/a/gaya-berpakaian-sesuai-bentuk-tubuh/

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: